Senin, 25 April 2016

Khazanah Intelektual Islam Karya Nurcholish Madjid (ed.)

Judul             : Khazanah Intelektual Islam
Editor            : Nurcholish Madjid
Penerbit        : Yayasan Obor Indonesia  dan Bulan Bintang
Tebal             : 248 halaman
Kondisi          : Baru
Harga            :  85.000

Sinopsis
Cak Nur sangat kuat dalam penjelajahan intelektual pada tradisi Islam klasik untuk merespons tantangan modernitas dan kegalauan umat Islam di dunia modern. Ia sangat fasih berbicara mengenai pemikiran-pemikiran Islam klasik dan abad modern. Buku Khazanah Intelektual Islam yang ia sunting dan terjemahkan adalah bukti. Bahkan, Cak Nur sangat fasih mengutip dan menafsirkan ayat-ayat Al-Quran. Ia ingin menjadi sosok pious thinker—pemikir yang saleh. Dan rupanya, kesalehan tersebut menjadi semacam ikon Cak Nur, baik dalam kehidupan intelektual, spiritual maupun ritual sehari-hari.

Buku ini memuat terjemahan tulisan-tulisan para pemikir Muslim yang dipilih untuk antologi, sehingga mampu dikenal luas oleh kaum muslimin. Ketika dunia Islam dihadapkan kepada berbagai tantangan dan kaum Muslimin berusaha menemukan jawaban yang tangguh, muncullah nama-nama sarjana besar Islam klasik yang melakukan pembaharuan pemikiran. Khazanah agung yang dibawa mereka telah menyebar luas di kalangan kaum muslimin, sehingga kini kita lebih mudah mendapatkannya.

Buku bunga rampai Khazanah Intelektual Islam ini memperkenalkan secara permulaan kepada para pembaca Indonesia salah satu segi kejayaan Islam di bidang pemikiran, khususnya yang berkenaan dengan filsafat dan teologi, tapi juga sedikit-banyak menyangkut hal-hal lain yang dirasa perlu. Para pemikir muslim yang makalah atau nukilan dari karya mereka yang lebih panjang dipilih untuk antologi ini sudah sangat luas dikenal oleh kaum muslimin:

Tidak ada komentar: