Rabu, 04 Juni 2014

Asas-Asas Hukum Modern dalam Islam ; Kajian Komprehensif Islam dan Ketatanegaraan

Judul Buku : Asas-Asas Hukum Modern dalam Islam ; Kajian Komprehensif Islam dan Ketatanegaraan
Penulis : Dr. Muhammad Alim, SH., M. Hum.
Tebal: xxvi + 528 halaman
Penerbit : LKiS 

Kondisi: Baru
Harga : Rp. 155.000,00
Pemesanan : sms 089666935968/ pin BB: 321BDDAB

Sinopsis

Berbicara tentang sejarah konstitusi, maka yang selalu menjadi acuannya sebagai konstitusi tertua adalah Konstitusi Negara Kota di Yunani (Polis, City State), atau tepatnya Konstitusi Athena. Konstitusi Athena inilah yang kemudian dikedepankan oleh Barat sebagai konstitusi pertama di dunia. Alhasil, diskursus tentang manusia, masyarakat, demokrasi, hak asasi, konstitusi, dan negara hukum pada umumnya selalu berorientasi ke Barat. Lalu, apakah Islam tidak memiliki konsep mengenai Asas-asas Negara Hukum Modern, seperti yang dituduhkan oleh Barat? 
“KALAU ditanyakan kepada saya, apakah dalam [ajaran] Islam ada aturan tentang hidup bernegara, maka saya bisa menjawabnya dengan mudah, ‘Ya, ada’. Tetapi, kalau ditanyakan kepada saya, apakah ada sistem ketatanegaraan atau sistem politik tertentu dalam [ajaran] Islam, maka saya akan menjawabnya dengan cepat, ’Tidak ada.’ Tegasnya, Islam menerima sistem apa pun yang sesuai dengan kebutuhan dan penerimaan masing-masing negara.
Buku yang ditulis oleh Dr. Muhammad Alim ini menyajikan dengan sangat komprehensif tentang asas-asas bernegara dan berhukum menurut Islam dari hasil kajiannya terhadap Piagam Madinah sebagai konstitusi yang modern.”
Prof. Dr. Moh. Mahfud MD, SH., SU. Ketua Mahkamah Konstitusi  

Tidak ada komentar: